ads

Penyebab Pori-pori besar dan cara mengatasinya

Intinya, pori-pori besar tidak bisa hilang, Anda hanya bisa mengecilkan mereka. Namun, Anda harus menerapkan metode yang tepat untuk membawa efek cepat dan radikal.

Jika Anda pernah melihat cermin dengan cermat dan menemukan sejumlah besar pori-pori yang terlihat di wajah Anda, apa yang akan Anda lakukan? Berteriak, meratap, atau menemukan penyebabnya dengan tenang? Anda tahu, kulit di wajah manusia memiliki ribuan pori-pori dan kadang-kadang mereka muncul di kulit. Pori-pori besar sering menyebabkan seorang gadis kehilangan kepercayaan diri ketika keluar. Jadi apa yang Anda lakukan untuk mengatasi situasi ini?
Apa penyebab pori-pori besar?

Sudahkah Anda mencoba apa yang membuat pori-pori di wajah Anda begitu besar? Ada tiga penyebab utama untuk ini: kulit berminyak, usia dan jenis kelamin.

•    Kulitmu berminyak


Tubuh kita menghasilkan sebum, yang merupakan kulit berminyak pada wajah, membantu kulit kita untuk air dan tidak kering. Orang dengan kulit berminyak alami cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar. Mengapa demikian? Karena ketika minyak dan kotoran menempel ke wajah, kulit mengembang dan pori-pori terlihat lebih besar dari biasanya. Beberapa orang terkadang mengalami pori-pori besar dengan jerawat.
Meskipun orang-orang dengan kulit berminyak cenderung rentan terhadap jerawat, itu tidak berarti bahwa jerawat adalah penyebab sekunder dari pori-pori yang membesar. Salah satu alasan untuk kesalahpahaman ini mungkin adalah bahwa bintik-bintik gelap terbentuk oleh bekas jerawat yang terlihat seperti pori-pori.


Seiring bertambahnya usia, kulit Anda kehilangan elastisitasnya. Ini bisa menyebabkan pori-pori tumbuh. Tidak hanya itu, semakin besar usia, semakin Anda dipengaruhi oleh matahari lebih berat pada kulit. Sinar matahari membuka jalan bagi kulit yang lebih tebal, meninggalkan sel-sel kulit di sekitar pori-pori yang membentang.


•    Jenis kelamin


Secara umum, pori-pori pria cenderung lebih besar daripada wanita. Wanita dapat melihat pori-pori yang membesar selama periode perubahan hormonal, terutama selama menstruasi.
Faktor genetik juga dapat menjadi faktor penyumbang ukuran pori-pori. Jika kedua orang tua Anda atau salah satu dari Anda memiliki pori-pori besar, Anda mungkin juga mengalami masalah ini.

Bagaimana cara menyembuhkan pori-pori besar?


Jika Anda tidak dapat mencegah sendiri penyebabnya, dapatkah Anda melakukan untuk memperbaikinya?
Pori-pori adalah tempat untuk mentransfer minyak dan keringat ke permukaan kulit sehingga Anda tidak dapat membuat pori-pori hilang. Namun, Anda dapat membuatnya terlihat lebih kecil.

•    Pilih produk perawatan kulit dengan bijak



Produk-produk yang mengandung zinc dan magnesium akan membantu mengembalikan keseimbangan minyak kulit, membersihkan pori-pori dan membuatnya terlihat lebih kecil.
Produk yang mengandung bahan-bahan ringan seperti rosemary dan lavender juga dapat menenangkan kulit dan mencegah peregangan pori-pori.

Selain itu, Anda dapat memilih produk berlabel "no clit" pada label. Jika produk yang Anda gunakan mencantumkan komponen asam salisilat, produk ini berfungsi untuk membantu melindungi tekstur kulit dan membantu pori-pori bersih karena memiliki kemampuan untuk mengangkat kulit.
Kosmetik yang mengandung retinol atau retinoid juga membantu membersihkan pori-pori dan menjaga ukurannya lebih kecil.

•    Bersihkan kulit


Face wash adalah solusi jangka pendek. Ini membantu pori-pori tidak meluas hingga mengandung lebih banyak minyak atau menumpuk kotoran.
Anda perlu melakukan eksfoliasi dua atau tiga kali seminggu. Tapi ingat, ini adalah solusi sementara karena jika Anda terlahir dengan kulit berminyak atau kulit kombinasi, mencuci wajah Anda akan sulit untuk sepenuhnya menghilangkan pori-pori.

•    Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat mengurangi kehalusan kulit dan membuat pori-pori menjadi lebih besar.
Anda dapat menggunakan tabir surya SPF 30+ setiap hari. Selain itu, Anda harus mengenakan topi bertepi lebar dan tetap di luar jeda
Jam 10 pagi sampai 4 sore.

•    Perawatan di rumah

Kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang lebih kecil daripada kulit berminyak. Orang dengan kulit berminyak akan membuat pori-pori lebih besar.
Beberapa area di wajah Anda mungkin mengandung lebih banyak minyak dan memiliki pori-pori yang lebih mudah dilihat daripada tempat lain di tubuh. Jika pori-pori di hidung, pipi, atau dahi besar, Anda telah mencoba perawatan rumah dengan masker tanah liat.
Anda dapat melanjutkan dengan mengoleskan lapisan tipis pada kulit yang dibersihkan, tahan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Tanah liat memiliki efek cepat dan dengan lembut menembus minyak dari pori-pori, membuat kulit lebih halus.
Anda juga bisa menggunakan oil pads pada kulit berminyak Anda.

•    Makan yang benar


Makanan tinggi lemak dan minyak yang tidak sehat dapat menyebabkan dermatitis, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.
Anda harus makan lebih banyak buah dan sayuran, kurangi kentang goreng, manisan, biskuit, makanan ringan dan makanan rendah lemak.

•    Jangan pernah tidur dengan riasan wajah

Anda tidak boleh tidur tanpa mencuci muka. Bilas wajah saat menempel untuk membuat pori-pori lebih terbuka.
Anda bisa mencuci muka di samping tempat tidur jika Anda lupa mencuci muka sebelum tidur.
Bagi banyak orang, pori-pori besar benar-benar buruk, tetapi jika Anda merawat kulit dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan yakin menunjukkan kulit Anda cerah dan sehat.
Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi dokter Anda untuk bantuan dan pengobatan jika diperlukan.

0 Response to "Penyebab Pori-pori besar dan cara mengatasinya"

Post a Comment