ads

Bagaimana cara mengobati pigmentasi kulit dengan mengatur hormon dalam tubuh?

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh adalah salah satu penyebab umum pigmentasi kulit. Berikut adalah cara untuk membantu Anda menyesuaikan hormon untuk mengobati melasma dengan efektif.
Meskipun penyebab pasti hiperpigmentasi belum ditentukan, sebagian besar dokter setuju bahwa kondisi kulit ini cenderung dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon.

Itulah mengapa kita melihat wanita hamil, yang baru saja melahirkan atau sedang mengonsumsi pil KB atau memiliki pigmentasi kulit. Penting bagi orang dengan melasma untuk menjaga hormon mereka seimbang. Mencari tahu tentang pentingnya hormon bagi tubuh, kulit dan bagaimana menyeimbangkan kembali hormon dalam tubuh secara alami sangat penting dalam mencegah dan mengobati pigmentasi kulit.

Apa yang menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan hormon?


Ada banyak hormon yang berbeda di tubuh tetapi jenis yang paling penting yang terlibat dalam pigmentasi kulit adalah hormon seks seperti estrogen, progesteron dan testosteron. Ada banyak faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan menemukan mereka tidak mudah, terutama bagi mereka yang menderita melasma. Berikut adalah penyebab paling umum ketidakseimbangan hormon:
  • Umur;
  • Kelenjar adrenal;
  • Kehamilan atau kontrasepsi;
  • Pencernaan yang buruk;
  • Fungsi hati yang buruk;
  • Tingkat stres tinggi;
  • Diet yang buruk.

Bagaimana ketidakseimbangan hormon memengaruhi pigmentasi kulit?


Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana ketidakseimbangan hormon mempengaruhi kulit Anda serta bagaimana hal itu dapat menyebabkan peradangan kulit dan memperburuknya?
Jawabannya adalah bahwa ketika Anda sedang stres, tubuh Anda akan menghasilkan banyak kortisol yang akan membantu Anda menghadapi stres. Ketika kadar kortisol meningkat, hormon progesteron yang diinduksi seperti progesteron dan pregnenolon menyebabkan deplesi estrogen. Stimulasi estrogen ini pada dasarnya meningkatkan jumlah MSH yang meningkatkan pigmentasi melanin. Oleh karena itu, keseimbangan hormon dan pengurangan stres dapat membantu mencegah dan bahkan membalikkan ini.

Untuk menyeimbangkan kadar hormon secara alami, penting untuk melihat gaya hidup dan pola makan Anda. Kedua faktor ini memainkan peran besar dalam keseimbangan hormon alami.

•    Perubahan gaya hidup


Untuk memulai menyeimbangkan hormon, beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Anda harus mengurangi tingkat stres Anda dan merawat tubuh Anda lebih baik.

•    Berhenti minum pil KB


Jika Anda mengonsumsi pil KB, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghentikan pil. Kontrasepsi dapat meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh untuk unggul. Estrogen yang luar biasa akan menyebabkan pigmentasi kulit, masalah tidur, berat badan, stres dan metabolisme yang lambat. Untuk mulai menyeimbangkan kembali hormon secara alami, Anda harus menghilangkan pil KB karena mereka secara langsung memengaruhi jumlah hormon dalam tubuh.

•    Kurangi stres

Anda perlu mengurangi stres dalam hidup Anda untuk mendapatkan kembali keseimbangan hormon. Seperti yang Anda ketahui, tingkat stres yang tinggi meningkatkan jumlah kortisol. Jadi mengapa kadar kortisol yang tinggi tidak baik untuk penderita melasma? Stres untuk penyebab apa pun menyebabkan respons adaptif dari tubuh. Reaksi stres mulai di hipotalamus. Hipotalamus mengirimkan sinyal ke kelenjar pituitari untuk melepaskan hormon kelenjar adrenal (ACTH).

Adrenal cortex merangsang kelenjar adrenal kortisol. Kelenjar adrenal mengubah kolesterol menjadi prgnenolone, yang menghalangi hormon seks dan kortisol. Ketika tubuh mengalami stres kronis, tubuh menggunakan pregnenolone untuk menghasilkan lebih banyak kortisol, yang membatasi apa yang tersedia untuk menghasilkan hormon seks. Hasilnya adalah penurunan testosteron dalam tubuh Anda (berkurang libido), dan progesteron menurun menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen pada wanita menyebabkan bintik-bintik tanning atau jejak.

Anda dapat memulai beberapa kebiasaan untuk mengurangi stres dalam hidup Anda seperti meditasi setiap hari, berlatih yoga secara teratur setiap minggu, menulis jurnal-hal yang Anda merasa bersyukur dan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki hubungan tidak baik dalam hidup. Mungkin sulit untuk mengurangi stres dalam hidup Anda tetapi penting bagi kesehatan Anda secara umum.

•    Tidur lebih banyak

Seperti disebutkan di atas, kadar kortisol yang tinggi akan menghancurkan jumlah hormon dalam tubuh. Stres bukan satu-satunya penyebab peningkatan kadar kortisol, tetapi kurang tidur juga bisa menjadi faktor. Kita perlu tidur setidaknya 7-8 jam sehari agar tubuh dapat beristirahat dan memulihkan diri.

Kurang tidur atau gangguan irama alami mungkin merupakan salah satu kebiasaan terburuk ketidakseimbangan hormon. Jadi bagaimana itu bisa terjadi?

Hormon bekerja sesuai jadwal. Cortisol, hormon stres utama yang diproduksi pada tengah malam. Jadi, mereka yang tertidur tidak akan pernah benar-benar rileks setelah reaksi stres.
Jika Anda tidak tidur cukup nyenyak, sekarang adalah waktu untuk mencoba tidur Anda. Cobalah untuk membuat kebiasaan tidur sebelum jam 10 malam dan ikuti jadwal tempat tidur yang tetap. Beberapa tips yang bisa Anda rujuk antara lain: jangan makan sebelum tidur, jangan minum sebelum tidur dan matikan telepon. Anda harus tidur 7 hingga 8 jam sehari.

•    Latihan

Latihan adalah perubahan gaya hidup terakhir yang perlu Anda lakukan. Pastikan Anda secara rutin melewati langkah ini karena Anda tidak punya banyak waktu, benci keringat, atau Anda kelebihan berat badan. Tetapi kenyataannya adalah Anda tidak bisa bergerak. Menciptakan kebiasaan olahraga sangat bagus untuk keseimbangan hormonal karena membantu mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Anda bisa mulai berolahraga dengan olahraga sedang, tetapi jangan berlebihan. Latihan ini singkat (3 kali per minggu, masing-masing 20 menit) tetapi intensitas tinggi baik untuk kebanyakan orang dengan toleransi yang buruk. Ingat, latihan dapat memiliki hasil yang berbeda untuk setiap orang dan Anda harus berkonsultasi dengan saran ahli jika ada ketidakpastian.

•    Ubah pola makan


Ketika Anda telah mengubah gaya hidup Anda, inilah saatnya untuk melihat kembali pola makan Anda. Pemulihan gizi benar-benar membawa hasil yang sangat baik. Berikut beberapa perubahan dalam diet yang dapat Anda terapkan untuk menyeimbangkan hormon dan melarikan diri dari mimpi buruk bernama pigmentasi kulit:

•    Kurangi minuman beralkohol dan kopi


Untuk menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh Anda, Anda mungkin harus berhenti minum kopi dan minuman beralkohol favorit Anda. Jika Anda kecanduan minuman ini dan sulit untuk menyingkirkannya, Anda harus tahu bahwa kopi dan alkohol merusak tubuh Anda dengan sangat serius. Alkohol mencegah hati dari limbah beracun di dalam tubuh dan mengatur hormon dengan benar. Kopi dan kafein meningkatkan jumlah kortisol, yang menyebabkan kadar hormon menjadi sama sekali tidak seimbang. Saatnya melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh dengan mengucapkan selamat tinggal pada minuman yang berbahaya.

•    Makan makanan organik

Tentunya dalam kehidupan modern saat ini, Anda tidak sering mengonsumsi makanan organik tetapi sebaliknya adalah daging atau sayuran yang penuh dengan hormon pertumbuhan. Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan sengatan matahari selamanya, saatnya untuk makan makanan organik. Dan jika Anda berpikir makanan organik sangat mahal, ingatlah jumlah uang yang Anda habiskan untuk kosmetik, rias wajah, dan perawatan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam yang buruk ini.

•    Kesehatan usus

Pernahkah Anda mendengar pepatah "saluran usus adalah otak kedua Anda"? Pernyataan ini sangat akurat. Kesehatan usus memainkan peran penting dalam keseluruhan fungsi tubuh. Beberapa orang mengalami melasma karena sindrom kebocoran. Menu yang tidak mengandung makanan yang menyebabkan iritasi atau radang mukosa usus sangat penting. Ketika selaput lendir meradang, tubuh tidak menyerap nutrisi dan sistem pencernaan menderita.

Pastikan usus dan sistem pencernaan Anda dalam kondisi kerja yang stabil karena kadar estrogen secara langsung dipengaruhi oleh waktu pengangkutan limbah (waktu yang diperlukan untuk limbah untuk melewati saluran usus). Waktu transportasi normal memungkinkan kelebihan estrogen untuk dikeluarkan dari tubuh. Karena limbah terus tinggal di tinja untuk waktu yang lama, yang disebut sembelit, kadar estrogen yang berlebihan masuk kembali dan tetap dalam sistem sirkulasi. Karena itu, jika saluran usus meradang, usus akan terpengaruh dan jumlah estrogen yang menyebabkan luka bakar akan meningkat.

Jika Anda khawatir tentang masalah usus yang dapat menyebabkan pigmentasi, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
  • Memiliki diet yang tidak menyebabkan peradangan usus;
  • Periksa apakah Anda memiliki alergi makanan;
  • Konsumsi probiotik setiap hari.
  • Makan lemak sehat

Langkah terakhir yang perlu Anda ambil dalam mengobati luka bakar adalah mengonsumsi lemak sehat. Tubuh membutuhkan berbagai lemak untuk menghasilkan hormon, itulah sebabnya mengapa Anda perlu makan berbagai makanan yang mengandung lemak sehat seperti mentega krim penuh, minyak kelapa atau alpukat.

Lemak sehat juga memainkan peran kunci dalam menjaga tubuh agar tidak meradang. Ada bukti bahwa lemak baik harus mencapai setengah atau bahkan 70% dari diet karena perubahan hormon terjadi ketika tubuh membakar karbohidrat yang tidak ditemukan dalam sayuran seperti biji-bijian atau gula. . Ini tidak akan terjadi ketika Anda mengonsumsi serat nabati atau lemak sehat.

Perawatan pigmentasi kulit karena gangguan hormon mengharuskan Anda untuk memiliki ketekunan dan usaha. Jadi, Anda harus benar-benar memahami apa yang harus dan tidak boleh dilakukan di sini agar cepat memiliki kulit yang indah

0 Response to "Bagaimana cara mengobati pigmentasi kulit dengan mengatur hormon dalam tubuh?"

Post a Comment