ads

9 cara efektif untuk mengecilkan pori-pori

Mengapa pori-pori membesar, membuat Anda kurang percaya diri? Apakah ada cara untuk mengecilkan pori-pori yang aman dan murah? Bagaimana cara mencegah pori-pori besar? Dokter kulit Anda akan memberi Anda informasi di bawah ini!

Ketika minyak tersumbat, pori-pori di wajah, hidung dan pipi akan terlihat lebih besar dari biasanya. Pori-pori besar ini dapat membuat kulit Anda menua dan tidak sehat, sementara berkontribusi pada masalah kulit seperti jerawat, komedo, terutama yang berkulit. berminyak.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bisa mengecilkan pori-pori atau tidak? Ada banyak orang yang membuat kesalahan dengan mengecilkan pori-pori dengan menggunakan produk perawatan kulit yang membuat kulit semakin buruk. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menyebabkan pori-pori tumbuh dan bagaimana memprosesnya.

Apa yang menyebabkan pembentukan pori-pori besar?

Berikut ini penyebab utama pori-pori Anda, termasuk:
  • Paparan sinar matahari terlalu lama: ini dapat menyebabkan pori-pori tumbuh karena sinar matahari dapat menghancurkan kolagen pada kulit, kehilangan elastisitas pori-pori;
  • Umur: Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya ke pori-pori;
  • Keturunan: Dalam beberapa kasus, pori-pori yang membesar diwariskan;
Kulit menghasilkan terlalu banyak minyak: Biasanya, kulit menghasilkan minyak (lendir) melalui pori-pori dan menyebar secara merata di atas wajah, hidung dan pipi. Di sisi lain, jika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak, setelah bercampur dengan kotoran lain seperti sel kulit mati, kotoran dan keringat akan menyumbat pori-pori. Dari sana, penyebaran minyak di permukaan kulit menjadi sulit dan menyebabkan pori-pori membesar.

Ketika pori-pori membesar, lapisan-lapisan minyak, bukannya diangkut lebih mudah, terjebak oleh sel-sel kulit mati (di sekitar hidung) dan membentuk kotoran. Pada titik ini, kotoran (sel minyak dan kulit mati) di ujung pori-pori terpapar udara dan kental untuk membentuk komedo.

9 metode alami untuk secara efektif mengurangi pori-pori


Di pasaran ada banyak kosmetik yang membantu mengobati pori-pori besar. Namun, Anda perlu tahu bahwa pori-pori adalah masalah yang sangat alami dan tidak dapat dikecualikan. Sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan sejumlah besar uang untuk memiliki produk perawatan kulit yang terkenal, Anda dapat menerapkan solusi alami di rumah. Metode-metode ini akan membantu mengurangi pori-pori dan menghilangkan komedo:

•    Exfoliating, moisturizing


Pori-pori tumbuh ketika lapisan minyak. Cara tercepat untuk mengecilkan pori-pori di hidung atau pipi Anda adalah membersihkan dan mengobati masalah kulit. Untuk mengurangi ukuran pori-pori, Anda harus mencuci muka secara teratur untuk menggosok sel-sel mati, jika tidak sel-sel mati ini akan memusatkan lapisan minyak, menyetor pada pori-pori dan menyebabkan pori-pori membesar.
Anda dapat membuat scrub di rumah dengan mencampur kulit jeruk kering dan kacang almond yang sudah dihaluskan. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk pengelupasan sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit, sehingga membantu mengurangi pori-pori di wajah.

•    Jus lemon, jus mentimun, dan air mawar

Jus lemon mengandung enzim alami untuk mengurangi pori-pori dan membantu kulit elastis. Keasaman dalam lemon juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan vitamin C membantu mencerahkan kulit. Anda dapat membuat campuran sendiri dengan mencampur 15 ml jus lemon dengan 240 ml air mawar dan 120 ml air mentimun, aduk dan aplikasikan pada pori-pori besar.

•    Cuka sari apel


Cuka sari apel memiliki peran mengencangkan dan membersihkan kulit, menghilangkan sebum, komedo atau whiteheads, dan membersihkan pori-pori. Akibatnya, obat alami ini akan mencerahkan kulit, mengurangi pori-pori dan mengembalikan keseimbangan pH pada kulit. Selain itu, cuka sari apel antibiotik dan anti radang membantu jerawat. Anda dapat mencampur cuka sari apel dengan langkah-langkah berikut:
  • Campurkan apel dan jus apel dengan dosis yang sama;
  • Celupkan kapas ke campuran cuka sari apel dan tekan dengan lembut pada pori-pori besar di wajah, lalu tunggu beberapa menit dan kemudian bilas dengan air dingin;
Terapkan metode ini setiap malam setelah pembersihan wajah untuk hasil tercepat, dan gunakan pelembap yang menempel agar terasa berbeda setelah beberapa minggu.

•    Putih telur dan jus lemon

Masker perawatan kulit putih telur bagus untuk menghisap kulit yang berminyak. Metode ini membantu membersihkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi pori-pori. Anda dapat menggunakan putih telur dan jus lemon dalam bentuk berikut untuk merawat wajah Anda:
Masker pemutih telur tipe 1: kocok telur, oleskan krim pemutih ke wajah dan tunggu sampai kering, lalu lepaskan masker. Kulit putih telur yang kering menyerap kotoran pada pori-pori dan mengencangkan kulit. Terapkan metode ini 1-2 kali seminggu. Untuk hasil tercepat, setelah mengaplikasikan putih telur ke wajah Anda, keluarkan handuk kertas dan kupas segera setelah putih telur telah kering;

Telur topeng putih tipe 2: kocok 2 butir telur, biarkan kuning telur dan simpan hanya putih. Pada saat yang sama, peras setengah lemon dan campur putih telur dan jus lemon bersama-sama dan oleskan ke wajah, tunggu selama 10 menit hingga benar-benar kering, lalu bilas dengan air. Metode ini harus diterapkan beberapa kali seminggu untuk hasil terbaik;

Putih telur: kocok telur, aduk bersama dengan sekitar 15 ml jus lemon dan 15 gram oatmeal. Kemudian, oleskan campuran ini pada wajah, biarkan mengering dan tahan selama 30 menit. Akhirnya, Anda menghapus campuran dan mencuci muka dengan air dingin. Anda juga harus melakukan ini dua kali seminggu secara teratur.

•    Losion Tomat

Metode ini sangat berguna dalam mengecilkan pori-pori karena fakta bahwa tomat memiliki bahan zat yang membantu menghilangkan sebum, mengencangkan kulit dan mengurangi pori-pori besar. Tomat juga mengandung Lycopene dan antioksidan adalah dua zat yang dapat memperlambat proses penuaan dan cepat memulihkan kulit. Buat losion tomat sendiri dengan mencampurkan 15 ml jus tomat segar dengan 3-4 tetes jus lemon segar. Kemudian, oleskan campuran ini untuk wajah dan biarkan selama 15 menit lalu cuci muka dengan air dingin. Selain itu, campuran tomat dan lemon ini juga dapat mengobati jerawat secara efektif.

•    Baking soda

Soda kue memiliki peran membersihkan kulit dengan menghilangkan sebum, kotoran dan kotoran pada kulit. Selain itu, baking soda juga membantu mengurangi pori-pori dan mengembalikan keseimbangan pH pada kulit. Selain itu, baking soda mengandung bahan-bahan antibiotik dan anti-peradangan yang membantu mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan baking soda untuk merawat wajah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Anda mencampur 15 gram baking soda dan 15 ml air hangat;
  • Oleskan campuran pada kulit dan pijat ujung-ujung jari dengan lembut selama beberapa detik;
  • Anda mencuci muka dengan air dingin dan menggunakan pelembab;
Akhirnya, ingatlah untuk menerapkan metode ini setiap hari, 6-7 hari seminggu, kemudian kurangi menjadi 3-4 hari seminggu dan pertahankan selama beberapa minggu.

•    Clay Mask

Clay, yang tidak mengandung bahan yang merusak kulit, mampu menyerap sebum dengan sangat baik dan dianggap sebagai cara alami untuk mengecilkan pori-pori. Ini adalah obat yang dapat Anda buat sendiri di rumah dan tetap efektif dengan mengurangi pori-pori serta membersihkan kulit tanah liat. Selain itu, tanah liat juga memiliki kemampuan untuk mengaburkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat dan kulit yang rusak. Anda dapat membuat perawatan kulit buatan sendiri dengan mengikuti langkah-langkah ini:
  • Campurkan dan taburkan air mawar (jumlah yang cukup) dengan 30 gram bumi yang lebih berisi untuk menghasilkan campuran yang halus;
  • Oleskan campuran ini untuk wajah dan diamkan selama 25 menit sampai kering;
  • Hapus masker dan cuci dengan air dingin, lalu oleskan pelembab ke kulit;
Ulangi metode ini sekali atau dua kali seminggu.

•    Campuran gula

Sirup buatan sendiri efektif membersihkan kulit, menghilangkan lemak dan plak dari pori-pori, sehingga mengurangi pori-pori. Anda dapat membuat campuran gula buatan sendiri dalam bentuk berikut:
  • Tambahkan gula lemon dan gosokkan seluruh wajah, tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan metode ini dua kali seminggu dan secara teratur;
  • Anda mencampur 30 gram gula dengan 15 ml minyak zaitun dan beberapa tetes lemon segar. Kemudian, oleskan dengan lembut campuran ini untuk wajah selama sekitar 1 menit dan bersihkan wajah Anda dengan air dingin. Gunakan metode ini dua kali seminggu dan secara teratur;
Campur madu, jeruk nipis dan gula bersama-sama, oleskan ke wajah, biarkan selama 10 menit lalu cuci muka dengan air dingin. Anda juga harus menerapkan metode ini dua kali seminggu.

•    Yoghurt


Ini adalah obat alami untuk mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit dan mengobati jerawat. Oleskan yogurt murni ke kulit dan biarkan selama 10 menit sebelum mandi. Asam laktat dalam yogurt membantu mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel mati dan sebum pada pori-pori.

Tips kecantikan alami membantu mencegah pori-pori besar di wajah


Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah pori-pori utama pada wajah, hidung, pipi dan dagu:

  • Anda tidak boleh menggunakan produk perawatan kulit yang dapat menyumbat pori-pori Anda atau menyebabkan kelenjar sebasea berlebih, dan tidak menggunakan produk yang mengandung zat pelembut (seperti lotion atau krim tebal). dan banyak lemak) atau pelembab. Terutama ketika Anda memiliki kulit berminyak, produk ini akan menyumbat pori-pori;
  • Anda harus menghindari produk yang memiliki efek mengeringkan atau mengiritasi kulit, karena produk ini akan membuat kulit lebih berminyak di pori-pori;
  • Anda tidak boleh menggunakan sabun beku karena mengandung pori-pori penyumbatan;
  • Hanya gunakan produk pembersih yang larut dalam air;
  • Anda harus menggunakan produk pelembab berbasis air sebagai bahan utama dan tanpa minyak. 

Melembabkan wajah merupakan langkah penting dalam mengecilkan pori-pori, membantu Anda memiliki kulit yang cerah dan sehat. Kulit kering akan menghasilkan lebih banyak minyak, yang mengarah ke penyumbatan pori-pori dan jerawat, terutama komedo;

Anda harus merawat riasan Anda dan pastikan Anda menghapus riasan di malam hari. Sebaiknya Anda tidak menggunakan riasan berlebihan untuk menutupi bintik-bintik gelap, kulit yang tidak rata atau bahkan pori-pori besar, karena riasan akan memperparah masalah kulit. Selain itu, Anda ingat untuk benar-benar menghapus malam hari, karena jika tidak, lapisan rias dapat menumpuk dan sangat menghalangi pori-pori, menghasilkan pembentukan komedo dan sakit kepala. putih, menyebabkan kulit Anda terlihat sangat buruk.

Ini adalah cara paling efektif untuk mengurangi pori-pori yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Obat alami ini akan membantu membersihkan pori-pori, mencerahkan kulit dan membunuh jerawat. Namun, ingatlah untuk menerapkannya secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

0 Response to "9 cara efektif untuk mengecilkan pori-pori"

Post a Comment